Home > -sport- > MU seri, Teruskan jalan menuju juara

MU seri, Teruskan jalan menuju juara


Bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-74, Manchester United (MU) mampu bermain imbang 0-0 dengan Tottenham Hotspur pada pertandingan Premier League di White Hart Lane, Minggu (16/1/2011). Mereka pun mengoleksi 45 poin dan naik satu tingkat ke puncak klasemen, menggeser Manchester City yang kalah selisih gol saja dan teruskan jalan menuju tangga juara.

Bermain sebagai tim tamu, MU mampu mengawali laga dengan sebuah serangan berujung tembakan dari Wayne Rooney, yang sayangnya melenceng dari sasaran.

Setelahnya, selama 15 menit, MU mengalami tekanan berat dari tuan rumah. Mengandalkan Gareth Bale, Aaron Lennon, dan Luka Modric, Tottenham mampu membombardir kotak penalti MU dengan umpan-umpan silang akurat.

Sayang, permainan apik lini tengah tidak diimbangi kualitas lini depan yang mumpuni. Peter Crouch yang bekerja sendirian kesulitan melepaskan diri dari kawalan Nemanja Vidic.

Hasilnya, selain eksekusi Crouch yang melenceng pada menit kesepuluh, Tottenham nyaris tidak menciptakan peluang berarti lain. Hal ini patut disayangkan mengingat mereka betul-betul mampu menyulitkan MU.

Baru pada menit ke-16, MU mulai bisa mengembangkan permainan dan perlahan memberikan tekanan kepada tuan rumah. Namun, sikap disiplin yang diperagakan barisan belakang Tottenham membuat usaha MU kerap kandas sebelum sempat melakukan eksekusi.

Di tengah kesulitan itu, Rooney nyaris membobol gawang Gomes pada menit ke-22. Memanfaatkan umpan Dimitar Berbatov, ia menembakkan bola secara akurat. Sayang, tembakan itu masih bisa dihentikan Gomes di luar garis gawang.

Permainan tidak banyak berubah setelah itu. Kedua kubu berusaha melakukan serangan, tetapi barisan bek kedua kubu bermain disiplin sehingga keduanya sulit menuntaskan serangan dengan eksekusi.

Setelah tak ada solusi sampai menit ke-40, Tottenham menurunkan tempo permainan dan memperbaiki penguasaan bola. Meski kemudian bisa mengurangi daya serang tim tamu, mereka gagal membuat gol, sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, kedua kubu kembali menampilkan permainan terbuka, dengan tetap mampu menjaga fokus. Hasilnya, kedua kubu tetap rajin bertukar serangan, tetapi sulit menciptakan peluang berarti.

Di tengah kebuntuan itu, Tottenham mendapat keuntungan berupa kartu kuning kedua yang diterima bek MU, Rafael, setelah melanggar Benoit Assou-Ekotto pada menit ke-74. Mereka pun menambah daya gedor, seperti terlihat dari keputusan Harry Redknapp menarik gelandang Wilson Palacios dan memasukkan penyerang Jermaine Defoe pada menit ke-78.

Dengan dua penyerang, koordinasi lini serang Tottenham tampak lebih solid. Sayang, itu tidak diikuti oleh perbaikan penyelesaian akhir.

Di sisi lain, meski tertekan, MU mampu menjaga fokus. Meski mengalami penurunan daya gedor, mereka mampu menghindari gol tuan rumah. Skor 0-0 pun bertahan sampai akhir pertandingan.

Selama 90 menit, Tottenham menguasai bola sebanyak 56 persen dan melepaskan dua tembakan akurat dari 16 usaha. MU menciptakan empat tembakan akurat dari tujuh percobaan.
“Itu adalah pertandingan yang ketat, tapi mereka tidak bikin terlalu banyak peluang matang dan kami mesti dapat pujian khusus untuknya,” nilai Fergie di BBC.

“Setan Merah” sempat harus ketar-ketir setelah Rafael dikeluarkan wasit usai menerima kartu kuning kedua pada menit 74. Di sisa waktu pun mereka harus tampil dengan 10 pemain.

“Kami sedikit kurang hati-hati dengan bolanya, tapi ini poin yang bagus dan kami tidak bisa mengeluh,” kata Fergie.

Manajer asal Skotlandia tersebut juga melontarkan pujian khusus kepada barisan belakang MU yang mampu meredam setiap serangan dari tuan rumah Spurs. Namun, ia enggan membahas kartu merah yang diterima oleh Rafael.

“Para pemain bertahan kami secara khusus tampil bagus.”

Susunan pemain:

Tottenham: Gomes; Michael Dawson, William Gallas, Benoit Assou-Ekotto, Alan Hutton; Luka Modric, Wilson Palacios (Jermain Defoe 78), Rafael van der Vaart, Gareth Bale, Aaron Lennon; Peter Crouch

MU: Edwin van der Sar; Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Rafael; Michael Carrick, Darren Fletcher, Ryan Giggs, Nani (Anderson  62); Wayne Rooney, Dimitar Berbatov (Javier Hernández 78)

 

Categories: -sport-
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: